Metode-metode yang biasa digunakan oleh suatu tim dalam memberikan penilaian terhadap pekerjaan adalah :
1. Penentuan tingkat pekerjaan.
2. Klasifikasi pekerjaan.
3. Metode perbandingan faktor-faktor kritikal.
4. Sistem point.
Pendekatan Pekerjaan
l Job Enlargement
Ø Pendekatan ini berangkat dari asumsi bahwa waktu siklus yang pendek, dan pekerjaan yang monoton akan membuat pekerja cepat merasa bosan, yang akan berakibat pada rendahnya produktivitas.
Ø Treatmentnya : Horizontal Job Loading (Quantity)
Ø Semakin banyak kegiatan yang harus dilakukan akan memperpanjang waktu siklus, akan menghindari cepat munculnya rasa bosan
l Job Rotation
Ø Pendekatan inipun bertujuan untuk menghindari tumbuhnya rasa bosan dalam diri pekerja.
Ø Cara yang ditempuh adalah melakukan perputaran (rotasi) kerja.
l Job Enrichment
Ø Berbeda dengan pendekatan “Job Enlargement”.
Ø Treatmentnya : Vertical Job Loading
Ø Yang ditambahkan unsur kualitas dari isi pekerjaan.
Ø Isi pekerjaan adalah unsur-unsur “Motivator” yang dikemukakan oleh HERZBERG
l Goal Setting
Ø Pendekatan ini berangkat dari asumsi bahwa motivasi kerja akan meningkat bilamana apa yang menjadi sasaran kerjanya jelas.
Ø Motivasi akan lebih meningkat lagi, bilamana dalam penetapan sasaran kerja ini para karyawan turut dilibatkan.
Ø Dua faktor penting : Challenging Work & Involvement.
l Job Engineering
Ø Dasar dari pendekatan ini adalah memperhatikan faktor-faktor teknis pelaksanaan pekerjaan.
Ø Termasuk disini adalah memperhatikan :
- teknik tata cara / metoda kerja
- desain peralatan kerja
- kondisi fisik lingkungan kerja
l Sociotechnical Approach
Ø Dasar dari pendekatan ini adalah melihat organisasi sebagai suatu sistem yang terdiri dari komponen sosial dan teknologi.
Ø Pendekatan ini memperhatikan interface antara sistem teknologik dan sistem sosial.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar