Selasa, 26 Agustus 2008

Pengantar Ilmu Administrasi Bisnis

A.Latar belakang Administrasi Kebutuhan Manusia = Tidak Terbatas 1.Ditunda 2.Di wujudkan dlm usaha Nyata Keseluruhan Proses dari kerjasama sekelompok orang dari organisasi disebut administrasi. Istilah administrasi yaitu rangkaian kegiatan menghimpun, mencatat, mengelolah, menggandakan, mengirim & menyampaikan informasi yang diperlukan dalam setiap usaha kerjasama. Kegiatan di golongkan sebagai administrasi mencakup : 1.Dilakukan oleh sekelompok orang ( 2 orang atau lebih) 2.Berlangsung dalam suatu kerjasama 3.Dimaksud untuk mencapai tujuan tertentu yang telah ditetapkan Manajemen sumber daya manusia telah tumbuh dalam nilai strategis pada berbagai organisasi.kualitas hidup di organisasi dapat ditandai dengan komitmen kerja, tingginya kepuasan kerja, tingginya motivasi kerja dan tingginya kinerja. Tujuan organisasi bisnis adalah untuk memperoleh laba soptimal mungkin. Organisasi bisnis di dalam melaksanakan mengenal 2 orientasi. Yang pertama berorientasi tugas dan yang kedua berorientasi kemanusian atau keduanya. B.Barang & Jasa Yang dimaksud dengan barang adalah segala sesuatu yang dapat dipegang, dilihat, dicium, jika sesuatu yang tidak dapat dipegang disebut jasa. Produk dapat dibedakan menjadi : 1.Produk utama : suatu produk yang berdiri sendiri & tidak mempunyai produk pengganti di dalam mengkonsumsinya 2.Produksi pengganti : Produk yang dapat menggantikan produk utama manakala produk utama tdk ada 3.Produk penggenap : Suatu produk yang sifatnya melengkapi produk lain 4.Produk netral : Produk yang tidak mempunyai kaitan dengan produk lain 5.Produk superior : Suatu produk yang diminati oleh orang yang mempunyai penghasilan tinggi di kelasnya 6.Produk interior : Suatu produk yang dianggap rendah oleh orang lain dan sangat disukai oleh yang berpenghasilan rendah 7.Produksi esensi : Suatu Produk yang sangat penting artinya konsumsi masyarakat sehari-hari (Produk pokok) seperti beras, gula, kopi, tepung 8.Produk normal : Suatu produk yang berhubungan positif dengan pendapatan 9.Produk gifen : Suatu produk bersifat positif antara harga & jumlah produk yang diminta C.Sumber daya manusia Sumber daya manusia yang ada didalam organisasi umumnya terdiri dari: 1.Sumber daya manusia tidak ahli 2.Sumber daya manusia semi ahli 3.Sumber daya ahli Sumber daya manusia yang ada di dalam organisasi harus mempunyai kualifikasi tertentu agar kinerja organisasi dapat berjalan efektif & efisien, oleh karena itu sumber daya manusia harus: A.Mempunyai kepandaian & keahlian yang sesuai dg bidang yang akan diterjuni secara cekatan dalam melaksanakan tugasnya B.Mempunyai motivasi yang tinggi C.mempunyai sifat mau bekerja sama dalam suatu tim kerja secara kompak D.Selalu mementingkan kelompok kerjanya E.Disiplin dan taat aturan serta mengerti tentang waktu kerja yang menjadi kewajiban & haknya F.Mempunyai sifat netral, terbuka & obyektif serta adil G.Tdk mudah meremehkan orang lain & selalu menghargai orang lain H.Mengerti prinsip dasar persamaan & perbedaan manusia D.SIM Suatu sistem yang menyediakan semua data yang terpilih untuk manajemen dalam melaksanakan tugasnya pada saat yang tepat & dalam bentuk yang memberikan inspirasi untuk membuat keputusan secara efektif & efisien. Untuk bekerja secara efektif, orang orang yang ada di dalam organisasi memerlukan informasi. Informasi adalah suatu fakta, datum, observasi, persepsi, angka gambar, peta atau hal- hal lainnya yang menambah pengetahuan seseorang. Macam- macam informasi : 1. Informasi operasi i. Manufaktur ii. Persediaan iii. Upah dan gaji iv. Harta dan peralatan v. Penjualan dan piutang vi. Keuangan 2. Informasi akuntansi keuangan 3. Informasi akuntansi manajemen E. Manajer Dan Pemimpin Manajer adalah orang yang mampu membuat keputusan sedangkan pemimpin orang yang mampu mempengaruhi orang lain untuk memenuhi keinginananya. Perbedaan antara manajer dan pemimpin adalah tidak semua pemimpin menjadi manajer tetapi manajer bisa menjadi pemimpin. Untuk menjadi visioner diperlukan : 1.Komunikator 2.Inspirasi 3.Strategi Delegasi wewenang lebih ditunjukan kepada manajer, bukan kepada pemimpin. Dari Berbagai Sumber

1 komentar:

herias mengatakan...

Saya kurang ngerti. Tolong diperjelas dan ditambah studi kasus di indonesia. Terima kasih..!